Satgas Sebut Kemenag Ujung Tombak Guna Menekan Kasus Covid-19 : Okezone Nasional

  • Bagikan
Satgas Sebut Kemenag Ujung Tombak Guna Menekan Kasus Covid-19 : Okezone Nasional
banner 468x60


JAKARTA – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Munardo menyatakan, Kementerian Agama (Kemenag) memiliki peran penting dan menjadi ujung tombak dalam menekan angka penularan Covid-19 di Indonesia, khususnya di akhir Ramadan dan menyambut Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M.

Hal ini dituturkan Doni Murnado sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam rapat Koordinasi dan Pengawasan Protokol Kesehatan di Rumah lbadah yang digelar Kemenag secara daring pada Senin (3/5/2021).

Baca juga:  Total 12.545.372 Orang Telah Divaksin Covid-19

Rapat koordinasi ini dipandu Stafsus Menteri Agama Nuruzzaman dan diikuti Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dan jajaran serta perwakilan Polri.

“Peran Kemenag sangat besar dan memiliki kekuatan yang luar biasa karena mempunyai peran yang besar dalam pembinaan ormas Islam, MUI, Dewan Masjid dan masyarakat luas,” kata Doni Munardo.

 Baca juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkot Bogor Perketat Mobilitas Warga dan Prokes

Rapat koordinasi ini digelar sebagai upaya menyikapi perkembangan kondisi terkini atau meningkatnya penyebaran Covid-19 dalam waktu sebulan terakhir dan ditemukannya pelanggaran Surat Edaran Menteri Agama Rl Nomor 4 Tahun 2021 tentang Panduan lbadah Ramadan dan ldul Fitri Tahun 1442 H/2021 di beberapa tempat dan daerah.

Sementara itu, Dirjen Bimas Islam Kamarudin Amin menyebutkan rakor ini perlu dilakukan guna antisipasi dan penanganan yang terkoordinasi antar instansi terkait ditingkat pusat dan daerah.

“Terima kasih atas dukungan yang luar biasa. Hari ini Menag Yaqut Cholil Qoumas sudah mengintruksikan seluruh jajaran untuk memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah,” ujar Kamaruddin Amin.

Instruksi ini tertuang dalam surat Nomor : B-192/MA/HM.00/05/2021 tanggal 3 Mei 2021 yang ditujukan kepada para Kepala Kanwil Kemenag Provinsi dan Kepala Kankemenag Kab/Kota seluruh Indonesia.

Salah satu nstruksi tersebut yakni para Kepala Kanwil Kemenag dan Kepala Kankemenag Kab/Kota agar melakukan pengawasan dan pemantauan lapangan secara maksimal melibatkan para Penyuluh Agama dan KUA Kecamatan atas pelaksanaan Surat Edaran Menteri Agama.

Para Kakanwil dan Kakan Kemenag juga diminta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama Satgas Penanganan Covid-19 tingkat daerah dan pihak keamanan dalam rangka antisipasi dan mitigasi serta melindungi warga dari potensi penyebaran Covid-19 dalam kegiatan masyarakat di bulan Ramadan dan Hari Raya ldul Fitri 1442H.





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *