Ancaman Keamanan Maritim Bisa Dikelola Melalui Kerja Sama AL Dunia

  • Whatsapp
Ancaman Keamanan Maritim Bisa Dikelola Melalui Kerja Sama AL Dunia


PramborsNews.com – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan ancaman keamanan maritim dapat dikelola melalui kerja sama angkatan Laut (AL) dunia yang saling melengkapi kemampuan untuk bersama-sama mengelola keamanan maritim dengan baik.

“Hal ini menjadi kunci negara-negara di wilayah untuk meningkatkan ekonomi, kemakmuran, dan stabilitas keamanan,” kata Yudo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono saat menutup kegiatan International Maritime Security Symposium (IMSS) di Auditorium Yos Sudarso, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), Bumi Cipulir, Jakarta Selatan.

Menurut Kasal kerja sama yang intinya adalah membangun rasa saling percaya, berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta bekerja sama untuk menyelesaikan permasalahan maritim regional khususnya keamanan maritim dapat dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Angkatan Laut Dunia melalui kegiatan IMSS 2021.

Forum internasional ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya kerja sama dalam menghadapi permasalahan maritim bersama, dengan berdasarkan pada keamanan maritim, kerja sama bidang keamanan, perdamaian dan kesejahteraan.

IMSS 2021 yang dilaksanakan selama 2 hari mengusung tema “International Maritime Security Cooperation for Security, Peace and Prosperity,” dihadiri 27 Atase Pertahanan (Athan) perwakilan Angkatan Laut dari 37 negara dan sisanya melalui video conference termasuk 22 Kepala Staf Angkatan Laut negara sahabat.

“Pembelajaran yang dapat kita ambil selama dua hari berdiskusi ini adalah kita perlu mengelola keamanan maritim secara bijak demi kebaikan di masa datang. Oleh karena itu, saya berharap bahwa setiap peserta simposium ini dapat menciptakan semangat persahabatan dan kebersamaan yang telah kita jalin selama simposium ini,” ungkapnya.


Photo Credit: Marinir TNI AL mengerahkan 22 Kendaraan Tempur untuk unjuk gigi pada masyarakat Indonesia yang terdiri dari 12 unit roket RM Grad-72/MLRS, 6 unit Ranpur BMP-3F, dan 4 unit LVT-7. ANTARA

 

Yuan Adriles
Latest posts by Yuan Adriles (see all)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *