Anjing Mahal, Seharga Kendaraan? – PramborsNews.com

  • Whatsapp
Anjing Mahal, Seharga Kendaraan? - Konvergensi Majalah MATRA


Anjing itu salah satu hewan yang paling setia dengan tuannya. Ada banyak cerita loyalitas anjing dengan tuannya.

Yang pasti, mahal di sini adalah anjing untuk dipelihara, bukan untuk disantap ya.

Kabar bahwa ada anjing seharga mobil, tentu saja ini menjadi viral dan banyak yang bertanya-tanya. Jenis apakah anjing tersebut, kok bisa-bisanya menembus angka fantastis demikian.

Selama ini, kita kerap mendengar anjing itu memang merupakan sahabat manusia terbaik. Bahwa anjing itu setia, pintar dan menggemaskan.

Nah, pertanyaannya anjing jenis apakah itu yang harganya muahal? Apakah karena campuran antara ras dan anjing kampung, atas ras anjing stambum?

Stambum sebenarnya merupakan kata-kata yang diambil dari bahasa Belanda yaitu stamboom.

Kata-kata tersebut dalam bahasa aslinya didefinisikan sebagai silsilah keluarga atau yang juga dikenal dengan istilah pedigree.

Stambum sendiri merupakan nama yang diberikan untuk surat sertifikat anjing yang berfungsi sebagai surat akta kelahiran seekor anjing.

Tidak sembarangan, surat Stambum ini dikeluarkan untuk anak anjing yang merupakan keturunan dari induk dan pejantan dengan jenis yang sama atau sering disebut anjing ras.

Kesamaan jenis dari induk dan pejantan ini tentu harus bisa dibuktikan melalui surat Stambum juga.

Di dalam surat Stambum ini, tertulis lengkap juga nama dan alamat pemilik anjing tersebut.

Tentunya, informasi tanggal kelahiran, warna, nomor tattoo, juga nama dari anjing tidak terlewatkan.

Menariknya lagi, dalam surat Stambum juga tercantum silsilah keluarga anjing tersebut hingga empat generasi sebelumnya.

Selain itu, melalui surat Stambum juga dapat diketahui pencapaian anjing dalam berbagai perlombaan.

Ternyata, selengkap itu yah, informasi yang dicantumkan dalam surat Stambum anjing ini.

Tak heran, surat Stambum ini sering kali dijuluki sebagai ‘akta lahir’ sekaligus ‘kartu keluarga’ dari anjing.

Adanya surat Stambum yang mencatat riwayat kepemilikan anjing secara lengkap ini ternyata sangat membantu.

Apabila ditemui anjing yang ‘katanya’ punya stambum tapi hilang dan kini dalam status dijual, maka calon pembeli perlu berhati-hati.

Ada peluang bahwa anjing tersebut adalah anjing curian atau anjing yang hilang maupun ditelantarkan.

Ternyata, itu karena karakter pemilik anjing yang juga beragam. Ada yang ingin memelihara anjing yang memiliki energi dan membutuhkan aktivitas yang tinggi.

Anjing ber-tipe lambrador atau pitbull yang merupakan tipe anjing berbadan besar. Biasanya anjing berukuran besar ini dipilih sebagai bodyguard dan teman berolahraga.

Sementara itu, ada juga anjing yang sangat kecil ukurannya sebesar anak kucing, hanya itu di dalam rumah.

Ada yang pemiliknya hanya senang bermain di rumah tapi malas ajak jalan anjing. Sementara anjing dari ras tertentu, sengaja diperuntukan kaum yang langka atau bergolongan ‘royal’ atau VIP biasanya akan memiliki harga yang mahal. Justru senangnya jalan jalan.

Belum lagi jenis ras yang tercipta dari hasil kawin silang. Jika ada dua ras jenis anjing berbeda, akan semakin menentukan tingginya harga yang harus dikeluarkan jika ingin memelihara hewan dengan jenis tersebut.

Berikut daftar sepuluh anjing termurah sampai termahal versi cermati.

Benarkah seharga satu buah mobil?

1. Czechoslovakian Vlcak – $1500 atau Rp21,4 juta
Cekoslowakia (atau Vlčák / Vlčiak) adalah jenis ras anjing yang masih relatif baru. Ras ini adalah hasil perkawinan silang antara ras anjing German Shepherd dan serigala jenis Carpathian.

Hal yang spesial dari ras ini adalah sejarah pengembang biakannya. Tujuan ras ini diciptakan adalah untuk memiliki sebuah ras anjing yang memiliki kemampuan mengembala seperti anjing ras German Shepherd dengan kapasitas kekuatan fisik dan stamina seperti serigala Carpathian.

Ras anjing ini kebanyakan dimanfaatkan untuk membantu patroli, pencarian dan penyelamatan, pelacakan, penggembalaan. Dengan ketangkasan, ketaatan, ketaatan, yang dimiliki untuk ras ini, tentu saja standar harga yang ditunjuk untuk ras ini bisa dikatakan sangat pantas.

2. Saluki - $2500 atau Rp35,8 juta
SalukiAnjing yang sudah ada dari jaman kerajaan Mesir ini juga dikenal teman baik bagi manusia sejak zaman Firaun. Saluki adalah jenis anjing yang memiliki ukuran yang panjang dan tinggi serta terlihat ramping.

Saluki digolongkan sebagai sighthound dan biasanya berdada dalam dan berkaki panjang seperti Dalmatian.

Salukis cenderung menjadi hewan mandiri yang membutuhkan pelatihan yang cukup lama dan penuh kasih sayang dari pemiliknya. Saluki jantan dapat memiliki berat hingga 60 kilogram dan dapat mencapai hingga 28 inci.

3. Peruvian Inca Orchid - $3000 atau Rp43 juta
Peruvian Inca OrchidThe Peruvian Hairless Dog adalah salah satu jenis anjing yang tidak berbulu. Anjing ini merupakan salah satu jenis anjing dengan penampilan paling unik di luar sana, benar-benar tidak berbulu dengan warna kulit abu-abu gajah atau coklat keperak-perakan.

4. Azawakh – $3000 atau Rp43 juta
AzawakhAzawakh memiliki ciri fisik bermata almond dan kurus. Azawak memiliki gaya berjalan seperti kucing yaitu anggun dan seperti berjinjit.

Ras ini adalah salah satu dari sedikit ras asal Afrika juga tersebar di Kanada dan Amerika Serikat. Berwarna coklat dan fisik yang panjang juga tinggi, jenis ini membutuhkan banyak aktivitas fisik tinggi seperti berlari dan melompat.

5. Rottweiler - $4000 atau Rp57,3juta
RottweilerRottweiler adalah jenis anjing dengan ukuran sedang hingga besar dikenal di Jerman sebagai Rottweiler Metzgerhund, yang berarti anjing pembantai .

Rottweil disebut, salah satu kegunaan mereka adalah untuk menggembalakan ternak dan menarik gerobak daging pada abad ke-19.

Rottweiler sekarang digunakan sebagai anjing pencari dan penyelamat, anjing penuntun bagi yang buta, anjing penjaga dan anjing polisi.

6. Akita - $4500 atau Rp64 juta
AkitaAkita adalah jenis anjing besar yang berasal dari daerah pegunungan utara Jepang. Ada dua jenis anjing ras Akita yaitu strain Jepang, yang biasa disebut “Akita ken” di Jepang.

“Akita Inu” (“inu” berarti “anjing” dalam bahasa Jepang), atau “Akita Jepang”; dan strain Amerika, yang dikenal sebagai “Akita” atau “Akita Amerika.

Perbedaannya Akita yang berasal dari Jepang memiliki warna bulu yang sama yaitu coklat muda, sedangkan Akita Amerika memiliki warna coklat muda, tua bahkan hitam.

Akita memiliki bulu pendek yang mirip dengan banyak keturunan spitz utara lainnya seperti Siberian Husky.

7. Pharaoh Hound - $6500 atau Rp93 juta
Pharaoh Hound Firaun Hound adalah merupakan anjing nasional Malta. Nama aslinya adalah Kelb tal-Fenek di Malta, yang berarti “anjing kelinci”.

Anjing ini secara tradisional digunakan untuk berburu kelinci di Kepulauan Maltese. Firaun Hound memiliki penampilan yang sangat menarik, kecerdasan tinggi dan disposisi atletik

8. Tibetan Mastiff - $7,000 atau Rp100juta
Tibetan Mastiff The Tibetan Mastiff adalah jenis anjing berasal dari Tibet. Berasal dari budaya nomaden kuno Cina, Nepal dan Tibet, anjing Tibetan digunakan oleh suku-suku lokal Himachal Pradesh untuk melindungi domba dari pemangsa.

Tibetan Mastiff adalah salah satu ras yang terbesar dan paling protektif di dunia. Anjing  ini dapat setinggi 33 inci dan mencapai rata-rata berat 80 kilogram.

9. Lowchens - $8000 atau Rp114 juta
LowchenLöwchen atau yang memiliki arti Singa Kecil  dalam bahasa Jerman merupakan seekor anjing berukuran kecil, dianggap sebagai salah satu ras anjing terlangka didunia.

Memiliki penampilan seperti campuran antaran anjing air Portugis dan Havanese, anjing ini sering dijadikan daya tarik utama disetiap kompetisi anjing untuk kategori anjing dengan visual terbaik karena memiliki bulu yang panjang dan cantik serta wajah yang super imut.

10. Samoyed - $10000 atau Rp143juta
SamoyedSamoyed adalah jenis anjing yang namanya diambil dari orang Samoyedic di Siberia.Para penggembala di Rusia membiakkan anjing-anjing berbulu putih ini untuk membantu menggembala, dan untuk menarik kereta luncur ketika mereka bergerak. Anjing-anjing ini sangat kompetitif, kuat, dan waspada.

BACA JUGA: Majalah MATRA edisi Oktober 2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *