Kawan GNFI, tingkat keselamatan dan kenyamanan sebuah mobil memang menjadi bagian paling penting. Indonesia sebagai salah satu market share kendaraan terbesar di Asia, memang menjadikan faktor keamanan pada sebuah kendaraan sebagai hal utama.

Mobil-mobil yang dijual di Indonesia, umumnya melakukan uji kelayakan atau uji tabrakan yang biasanya melibatkan pihak ketiga. Hasil pengujian itu sejatinya diumumkan dalam laman pihak penguji, yakni ASEAN NCAP.

Pengujian yang dilakukan ASEAN NCAP pada mobil, meliputi kemampuan untuk melindungi penumpang dewasa (adult accupant) dengan poin tertinggi 36, melindungi penumpang anak–anak (child accupant) dengan skor tertinggi 49 poin, dan tentunya soal fitur keselamatan pada mobil (safety assist) dengan skor tertinggi 18 poin.

Lalu mobil apa yang paling aman dikendarai di Indonesia sesuai hasil pengujian dari ASEAN NCAP di akhir tahun 2020 lalu? Berikut di antaranya.

Toyota Corolla Cross (Medium SUV)

toyota corolla cross

Toyota Corolla cross asean ncap

Toyota Corolla Cross berhasil memperoleh penilaian dari hasil pengujian ASEAN NCAP dengan skor 88,61, sehingga meraih rate 5 bintang. Secara umum, mobil ini masuk dalam segmen SUV dengan kapasitas penumpang 6 orang.

Dengan mengusung platform TNGA, Toyota Corolla Cross yang dijual di Indonesia dibanderol mulai Rp460 juta hingga Rp510 juta. Spesifikasi SUV anyar besutan Toyota ini menggunakan mesin 2ZR-FE, 4-silinder segaris (Cylinder In-line), DOHC 16-Valve dengan CVT-i 7.

Isuzu MU-X (SUV)

Isuzu MU-X

Isuzu MU-X asean ncap

Mobil lain yang mendapatkan rating 5 bintang pada pengujian ASEAN NCAP adalah Isuzu MU-X. Mobil dari segmen SUV ini berjaya pada pengujian tingkat keamanan dengan berbagai fitur dan kemampuan yang dapat memberikan perlindungan. Total skor yang diperoleh Isuzu MU-X pun mencapai 86,81.

Mobil seharga Rp459 juta hingga Rp520 juta memiliki kapasitas mesin diesel 2.499 cc dengan kode 4JK1-TC Hi-Power 4 silinder segaris (In-Line 4-Cylinder), dan mengusung teknologi DOHC.

Honda City (Small Family Car)

Honda city

Honda city asean ncap

Pada kategori Small Family Car, Honda City masuk dalam segmen mobil sedan berhasil memperoleh skor 86,54 (5 bintang). Secara umum, sedan yang hadir di Indonesia dalam satu varian ini (E-CVT) dilego sekira Rp352 juta.

Honda City menggunakan mesin dengan kode L15Z1 berkapasitas 1.497 cc yang menggunakan transmisi Automatic CVT Earth Dreams Technology.

Toyota Kijang Innova (MPV)

Toyota Innova

toyota innova asean ncap

Sebagai salah satu mobil MPV terlaris di Indonesia, Toyota Kijang Innova juga meraih 5 bintang dari pengujian ASEAN NCAP. Mobil berbanderol Rp339 juta hingga Rp442 juta ini meraih skor 82,69.

Mobil yang juga dieksporke Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, dan Myanmar ini masuk dalam ketegori mobil keluarga dengan perlindungan tertinggi untuk menjaga 7-penumpangnya.

MG ZS (Medium SUV)

MG ZS

MG ZS asean ncap

Tak ada yang menyangka jika merek mobil yang baru masuk industri otomotif di Indonesia, yakni Morris Garage, berhasil meraih predikat mobil paling aman yang dijual di Indonesia. Varian MG ZS berhasil memperoleh 5 bintang dengan skor keseluruhan yang mencapai 81.

Dijual mulai harga Rp261 juta hingga Rp295 juta, MG ZS yang tersedia dalam 2 varian ini menggunakan mesin 15S4C DOHC 4silinder 16 -Valve VTi–TECH berkapasitas 1.498 cc.

Secara keseluruhan, berikut daftar 10 mobil teraman di Indonesia dari hasil pengujian dari ASEAN NCAP pada 2020 lalu.

Mobil teraman di indonesia versi ASEAN Ncap



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here