Ini Musuh Baru Taliban Pasca Kuasai Afghanistan

  • Whatsapp
Ini Musuh Baru Taliban Pasca Kuasai Afghanistan


PramborsNews.com – Baru sepekan berkuasa kembali di Afganistan, Taliban harus menghadapi lawan baru yang merongrong kekuasaannya. Lawan baru Taliban itu adalah pasukan Mujahidin Afganistan pimpinan Khair Muhammad Andarabi. Pasukan Andarabi mengklaim telah merebut tiga distrik dari tangan Taliban yaitu distrik Pol-e-Hesar, Deh Salah dan Banu di Baghlan Afghanistan.

Pasukan Mujahidin itu menyerang Taliban. Sejumlah pejuang Taliban dilaporkan terluka dan tewas. Bahkan sebuah sumber menyebut ada 60 pejuang Taliban yang terluka dan terbunuh.

Selain pasukan Mujahidin Afganistan, Taliban juga harus menghadapi pasukan perlawanan yang terus merangsek maju. Mereka mengatakan Taliban “tidak bertindak dalam semangat amnesti umum”.

Pasukan perlawanan disebut berhasil merebut kembali Distrik Pol-e-Hesar, yang terletak di utara Kabul dan dekat dengan lembah Panjshir, pada Jumat (20/08/2021). Perlawanan Afghanistan kembali mengerahkan pasukannya melawan Taliban.

Meski telah berhasil merebut ibu kota Kabul dan menduduki istana presiden namun Taliban belum mampu menguasai Provinsi Panjshir.

Sementara itu, Wakil presiden Afghanistan Amrulla Saleh, yang mengaku sebagai presiden sementara negara itu, berusaha membentuk front perlawanan terhadap Taliban dari provinsi Panjshir.


Photo Credit: Seorang anggota pasukan keamanan Afghanistan berjaga di distrik Enjil di provinsi Herat pada 30 Juli 2021. AFP/Hoshang Hashimi

 

Edo W.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *