Pulau adalah sebuah daratan yang terbentuk secara alami yang dikelilingi air, dan selalu berada di atas permukaan air pada saat pasang tertinggi air. Di dunia ini ada ratusan ribu pulau yang tersebar di berbagai wilayah, di banyak negara, dengan masing-masing karakteristik kontur dan kekayaannya yang beraneka ragam. Sebagian pulau-pulau itu dihuni manusia, sementara sebagian yang lain tidak berpenghuni.

Indonesia sendiri termasuk salah satu negara pemilik Pulau Terbanyak di Dunia, pulau-pulau tersebut tersebar dari Sabang hingga Merauke. Saking banyaknya, jika dijelajahi satu-satu, mungkin tidak akan cukup dalam waktu satu bulan. Meskipun demikian, masih ada negara lain yang memiliki pulau lebih banyak dibanding Indonesia.

Berdasarkan data Statista yang dikutip dari Seasia.co secara mengejutkan Swedia menjadi negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Negara yang masuk wilayah Skandinavia ini memiliki 221.831 pulau. Ribuan pulau di negara ini dapat ditemukan sebagian besar di sepanjang garis pantai timurnya dari ujung utara ke selatan, dengan beberapa juga terletak di lepas pantai barat Swedia. Yang paling terkenal adalah Kepulauan Stockholm, yang terdiri dari hampir 30.000 pulau, pulau kecil, dan bebatuan antara Öregrund di utara dan Landsort di selatan.

Peringkat kedua diisi oleh Finlandia, negara yang beribu kota Helsinki ini memiliki 188.000 pulau. Seperti negara tetangganya Swedia, Finlandia terdiri dari sejumlah besar pulau berbatu di lepas pantainya, pulau-pulau tersebut membentang dari pantai barat daya negara itu ke Laut Baltik.

Posisi ketiga masih diisi negara Skandinavia tepatnya Norwegia. Salah satu negara paling makmur di Dunia ini memiliki 55.000 pulau. Gugusan pulau yang terkenal salah satunya adalah Kepulauan Lofoten yang bertebaran di Laut Norwegia, di atas Lingkaran Arktik.

Sebuah pulau di Kanada © Tarvel & Leisure

Sebagai negara terbesar kedua berdasarkan luas daratan (3.860.000 mil persegi), Kanada tercatat memiliki total 52.455 pulau di Samudra Arktik, Pasifik dan Atlantik, yang membuatnya menempati peringkat ke-4 sebagai negara pemilik pulau terbanyak di dunia. Dari pulau-pulaunya, tiga peringkat dalam 10 besar terbesar di dunia: Pulau Baffin, Pulau Ellesmere, dan Pulau Victoria, semuanya merupakan bagian dari Kepulauan Arktik.

Sementara Indonesia menempati posisi ke-5 sebagai negara pemilik pulau terbayak di dunia. Indonesia tercatat memiliki sekitar 17.504 pulau di tempat yang dikenal sebagai negara kepulauan tunggal terbesar di dunia. Kepulauan Indonesia terdiri dari lima pulau besar dan 30 kelompok pulau dan pulau kecil, dengan sekitar 6.000 pulau dihuni.

Pulau-pulau di Indonesia terletak di garis khatulistiwa dan menjadi persimpangan antara Samudra Pasifik dan Hindia. Pulau yang paling padat penduduknya adalah Jawa, yang ukurannya kira-kira sama dengan Negara Bagian New York dan terdiri dari sekitar 130 juta orang, 60% dari populasi Indonesia. Pulau Sumatera jauh lebih besar tetapi hanya berisi sekitar sepertiga dari populasi negara. Pulau utama lainnya termasuk Kalimantan (Borneo Indonesia), Sulawesi, dan bagian Indonesia dari New Guinea — dikenal sebagai Papua atau Irian Jaya.

Pulau-pulau tersebut sebagian besar bergunung-gunung dan mencakup sekitar 400 gunung berapi yang diketahui, di mana sekitar 100 di antaranya aktif.

Peringkat keenam diisi oleh Australia, meskipun secara teknis merupakan sebuah benua dan tidak dianggap sebagai pulau itu sendiri, namun Australia dan wilayah sekitarnya memiliki pulau yang sangat banyak. Tercatat ada sekitar 8.222 pulau yang secara administartif masuk wilayah Australia.

Tetangga Indonesia, Filipina, menempati posisi ketujuh sebagai negara pemilik pulau terbanyak di dunia. Negara yang dipimpin oleh Presiden Rodrigo Duterte ini memiliki skeitar 7.107 pulau. Pulau Luzon merupakan pulau yang paling terkenal dan menjadi basis dari ibu kota Filipina, Manila.

Posisi kedelapan diisi oleh Jepang dengan total pulau sebanyak 6.853, diikuti oleh Inggris dengan 6.289 pulau, kemudian posisi terakhir atau posisi kesepuluh diisi oleh Yunani dengan total pulau yang tercatat sebanyak 6.000 pulau.

==

Sumber Referensi: Statista | Seasia.co | Liputan6



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here