Penulis: Rifdah Khalisha

Sejak adanya pandemi, kehidupan beralih menjadi serba daring. Situasi seperti ini menuntut Kawan untuk belajar, bekerja, dan berkomunikasi melalui layar screen secara virtual. Keseharian Kawan pun semakin dekat dengan media sosial.

Namun, pernahkah Kawan merasa bosan dengan media sosial atau kegiatan daring yang itu-itu saja? Kalau begitu, Kawan harus menemukan hal baru yang produktif dan penuh manfaat. Mungkin Kawan gak sadar kalau ternyata, ada banyak loh kegiatan menarik yang bisa Kawan lakukan melalui internet.

Nah, berikut rekomendasi kegiatan penuh manfaat yang bisa Kawan lakukan saat berselancar di internet.

1. Menjadi Content Creator

Ilustrasi © Freepik.com

info gambar

Tahukah Kawan kalau siapapun bisa menjadi content creator? Terlebih, kalau Kawan senang mengikuti perkembangan tren terkini, maka menciptakan konten sangat cocok untukmu! Jadi, tak hanya bermain media sosial, tetapi Kawan bisa produktif berkarya secara digital, konten produksinya dapat berbentuk video, tulisan, foto, atau gambar.

Ciptakan konten orisinil yang sesuai dengan passion, seperti kecantikan, gaya hidup, perjalanan, olahraga, permainan, atau otomotif. Tetaplah jadi diri sendiri dan upayakan kemampuan terbaikmu, ini akan membuat kontenmu terlihat berbeda dan berdampak baik bagi banyak orang. Dengan begitu, penonton mungkin akan menyukai dan mendapat inspirasi dari kontenmu.

Apabila Kawan konsisten menyajikan konten, tak menutup kemungkinan Kawan bisa menerima penghasilan dari bidang tersebut. Kawan dapat bekerja sama mempromosikan merek tertentu atau mengaktifkan fitur adsense atau iklan pada YouTube.

2. Membuka Bisnis Online Shop

Ilustrasi © Freepik.com

info gambar

Ada banyak hal yang bisa Kawan lakukan di media sosial, termasuk meraup pundi-pundi rupiah. Kalau Kawan ingin mulai berbisnis, maka platform daring media sosial dan e-commerce menjadi tempat yang sempurna.

Seiring berkembangnya zaman, berbisnis semakin mudah. Kawan tidak perlu punya banyak modal usaha, sewa tempat, simpan stok produk, atau cetak brosur. Sekarang, sudah banyak sistem bisnis yang memudahkan Kawan, seperti reseller, dropshipper, dan lainnya.

Menjual produk atau layanan secara daring memungkinkan jangkauan pasarmu semakin meluas. Jadi, siapapun dengan akses internet akan mudah menemukannya. Kawan hanya perlu aktif menampilkan gambar visual yang menarik, membangun citra baik, dan mempromosikan ke target pasar yang sesuai dengan produk atau layananmu.

3. Membaca Buku Digital

Ilustrasi © Freepik.com

info gambar

Bagi Kawan yang gemar membaca, mungkin kadang terkendala ruang, baik ruang menyimpan buku di rumah atau ruang membawa buku di dalam tas. Maka tak ada salahnya Kawan mulai beralih ke buku digital. Kawan hanya perlu gawai dan koneksi internet untuk mengakses buku digital atau bacaan virtual.

E-book juga termasuk upaya mendukung gerakan peduli lingkungan dengan mengurangi konsumsi kertas dan tinta. Kini, buku sudah sebesar genggaman, jadi, tidak ada alasan lagi ya untuk enggan membaca buku? Yuk, tingkatkan minat literasi!

Apabila Kawan menggunakan internet dengan bijak, maka akan mudah memperoleh banyak keuntungan di berbagai sektor. Jadi, kegiatan berselancar di internetmu tak sebatas sebagai sarana hiburan saja. Kawan mau mencoba kegiatan yang mana, nih?

Referensi: Hipwee | Genpro Mobile | Liputan6



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here