Siapa dari kalian yang suka bermain game? Nah, kalian harus berbangga diri karena Indonesia memiliki sederet perusahaan game yang tak kalah berkualitas dari perusahaan game asal luar negeri.

Berbagai perusahaan game yang sukses di internasional ini dapat menjadi contoh untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mengembangkan industri game dalam negeri. Yuk, simak daftar perusahaan game asal Indonesia yang sukses dan terkenal di dunia.

1. Agate Studio

Agate

info gambar

Agate Studio merupakan perusahaan yang didirikan oleh Arief Widhiyasa yang berkembang di Bandung. Game pertama yang dilunsurkan oleh Agate Studio adalah Earl Grey dan this Rupert Guy.

Tak berhenti disitu, Agate studio juga terus berkreasi dengan menciptakan game Valthirian Arc, Football Saga, Sexy Witch, Teka Teki Santai, Vroom, Game Dilan, dan sebagainya.

Kunci kesuksesan dari Agate Studo dengan manajemen cashflow untuk memastikan bahwa setiap game yang dibuat menghasilkan pemasukan yang lebih banyak dibandingkan pengeluarannya. Hal tersebut krusial untuk meyakinkan investor agar perusahaan game dapat bertahan di industri.

2. Touchten Games

Ramein Chain

info gambar

Siapa yang tidak pernah mendengar game yang dikeluarkan oleh Touchten Games? Mulai dari Sushi Chain, Ramen Chain dan Train Legend. Di antara ketiga game tersebut, Sushi Chain menorehkan prestasi menjadi salah satu game yang banyak diunduh dengan total unduhan sebanyak 1,2 juta kali di Apple App Store. Atas pencapaian tersebut, Discovery Nusantara Capital memutuskan untuk mendanai Touchten Games pada 2016 lalu.

3. Megaxus

Ayodance

info gambar

Ayodance adalah salah satu game yang booming ­ pada awal tahun 2007 yang dibuat oleh PT Megaxus. Perusahaan game ini merupakan publisher dan pengembang games asal Indonesia yang didirikan pada 2006.

Tak hanya membuat game, Megaxus juga menerbitkan video game yang memiliki banyak peminat. Selain AyoDance, ada beberapa game lain yang dibuat yaitu Lineage II, WarRock, GrandChase, CounterStrike Online, hingga Heroes of Atarsia. Inovasi terbaru dari Megaxus adalah membuat AyoDance yang dapat diakses melalui gawai.

4. Gemscool

Lost Saga

info gambar

Untuk pencinta game survival, maka tak lagi asing lagi dengan Gemscool yang pernah mendistribusikan game Point Bank. Berbagai game lain dari Gemscool yang tak kalah seru untuk dimainkan yaitu yaitu Dragon Nest, Lost Saga, dan Black Squad.

5. Garena

AOV

info gambar

Garena adalah perusahaan game yang didirikan pada tahun 2009 yang awalnya merupakan platform online untuk bertemu, chatting dan bermain game. Dalam perkembangannya, Garena menjadi distributor berbagai game eksklusif yang populer di Asia Tenggara. Sedangkan, game populer yang diterbitkan oleh Ganera adalah Arena of Valor yang dikembangkan Tencent Games. (YUR)

Referensi:Dunia Games



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here