Sudah 10 bulan lamanya pandemi Covid-19 hidup berdampingan dengan kita di Indonesia. Berdasarkan data pemerintah, tercatat per 7 Januari 2021, penambahan jumlah kasus pasien positif mencapai 780.000 jiwa dengan jumlah kematian 23.109 jiwa dan 646.000 orang berhasil sembuh.

Sebagaimana anjuran dari World Health Organization (WHO), setiap individu diimbau memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah. Imbauan tersebut bertujuan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 dan menjadi salah satu solusi bagi mereka yang memang diharuskan keluar rumah.

Sayangnya, menginjak penerapan fase new normal, ditemukan banyak masyarakat tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan mengindahkan imbauan. Mereka enggan atau jarang memakai masker karena merasa tidak nyaman.

Padahal, masker merupakan hal penting karena mampu menjadi penghalang bagi droplet (tetesan) yang berpotensi menularkan virus melalui mulut ataupun hidung seseorang. Mentaati protokol kesehatan menjadi hal yang harus terus dilakukan karena pandemi ini belum selesai. Belum lagi setiap harinya kasus positif Covid-19 di Indonesia kian bertambah.

Kami paham, Kawan pasti sudah lelah dan jenuh dengan kondisi ini. Namun, melawan pandemi harus dilakukan secara bersama, tidak bisa sendiri-sendiri. Meski di rumah saja, masyarakat bisa turut bahu membahu saling jaga untuk membantu sesama dan menebarkan semangat optimisme melalui berbagai cara.

GoodNews From Indonesia (GNFI) merasa perlu untuk turut andil menyebarkan semangat optimisme tersebut. Maka dari itu, GNFI bersama Kawan GNFI selaku komunitas dari GNFI bersinergi untuk mengumpulkan donasi dari seluruh Kawan GNFI. Berkat kebaikan dan dukungan dari Kawan GNFI, donasi telah terkumpul sebanyak Rp3.400.000.

Dari donasi tersebut, dialokasikan untuk membuat masker kain sebanyak 322 buah. Tim GNFI telah memastikan bahwa seluruh masker dalam keadaan layak pakai, sudah dicuci, dan dikemas bersih sebelum didistribusikan sehingga Kawan-Kawan bisa langsung memakainya.

Dalam membagikannya, kami tidak bisa sendiri. Dengan semangat optimisme dan gotong royong, kami mengajak komunitas daerah untuk berkolaborasi membagikan masker kain tersebut di berbagai daerah untuk siapa saja yang membutuhkan.

Dalam kolaborasi tersebut, terpilih dua komunitas, yaitu komunitas Semangat Banyuwangi dari Kota Banyuwangi dan komunitas Teens Go Green dari Kota Bali. Tak hanya itu, 122 masker kain juga kami bagikan di sekitar Jakarta dan mengirimkannya kepada Kawan GNFI yang membutuhkan.

Tim Semangat Banyuwangi (@semangatbanyuwangi) membagikan 100 masker ke beberapa titik di Banyuwangi. Di antaranya ke para pedagang di Pasar Rogojampi, beberapa cafe, serta tempat wisata Plengsengan dan Pantai Boom.

Tim Semangat Banyuwangi membagikan masker di cafe daerah Banyuwangi | Foto: Dokumentasi Semangat Banyuwangi

info gambar

Sementara itu, tim Teens Go Green Indonesia (@teensgogreen) membagikan 100 masker ke beberapa titik di Bali, seperti Singaraja, Buleleng, Pasar Malam Banyuasri, dan Pantai Muaya Jimbaran.

Tim TGG membagikan masker di Pantai Muaya Jimbaran | Foto: Dokumentasi Putri Tim Teens Go Green Indonesia

info gambar

GNFI merasa senang, bersyukur, dan berterima kasih kepada seluruh Kawan GNFI atas antusias dan kontribusinya dalam program ini. Kami sadar bahwa jumlah masker yang dibagikan masih sangat sedikit dibandingkan kebutuhan di kondisi sekarang. Namun setidaknya, GNFI bersama Kawan GNFI sudah turut andil berusaha membantu masyarakat meringankan risiko paparan Covid-19.

Program ini diharapkan bisa menjadi jembatan antara GNFI dan Kawan GNFI untuk bersinergi pada program-program selanjutnya. Semoga masker kain yang telah dibagikan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Kami berharap solidaritas bersama untuk melawan pandemi Covid-19 semakin kuat. Mari sebarkan semangat menjaga dan melindungi sesama untuk Indonesia lebih baik. Tetap jaga kesehatan, patuhi protokol kesehatan, dan selalu gunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan. Salam optimisme! (RIF)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here