Ma’ruf Amin Inginkan Indonesia Segera Jadi Poros Maritim Dunia

  • Whatsapp
Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/03). ANTARA/Aditya Pradana Putra



PramborsNews.com – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin memiliki visi besar yaitu menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, tentunya Indonesia memiliki potensi kemaritiman yang sangat besar pula. Terlebih secara geografis letak Indonesia juga sangat strategis karena diapit oleh dua benua yaitu Asia dan Australia, serta diapit oleh dua samudera yakni Pasifik dan Hindia.

Dengan posisi tersebut Indonesia berada pada titik yang sangat strategis, pada persilangan alur lalu lintas laut yang menghubungkan benua Timur dan Barat.

“Dari sekitar 90 persen perdagangan global yang diangkut melalui laut, 40 persen di antaranya melewati perairan Indonesia,” kata Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin, Jumat saat ia menghadiri Musyawarah Nasional ke-II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir (Aspeksindo), (08/10/21) .

Ma’ruf mengatakan bahwa dengan kondisi tersebut, posisi Indonesia sampai kapan pun akan selalu strategis dalam peta perdagangan dunia.

“Atas dasar itulah, diangkat visi Indonesia ke depan sebagai poros maritim dunia,” jelasnya.

Lebih lanjut Ma’ruf mengatakan poros maritim dunia bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang besar, kuat, dan makmur melalui pengembalian identitas Indonesia sebagai negara maritim, pengawal kepentingan dan keamanan maritim, serta memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan Indonesia.

“Untuk mewujudkannya, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Diperlukan peran serta berbagai pihak, baik pemerintah pusat dan daerah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan juga organisasi kemasyarakatan,” imbuhnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ia menyebutkan sejak berdiri tahun 2017, Aspeksindo telah memberikan peran penting dalam memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan pembangunan Indonesia, khususnya di dalam pengembangan “ekonomi biru”, yaitu perekonomian hulu dan hilir di bidang kelautan dan perikanan secara berkelanjutan.

“Di sektor perekonomian, Aspeksindo membangun wilayah kepulauan dan pesisir dengan menggali potensi dan keunggulan daerah untuk mendorong percepatan pembangunan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan mengembangkan ‘ekonomi biru’” terangnya.

Ma’ruf mengakui tidak mudah dalam menghadapi tantangan Indonesia dalam melakukan pembangunan di tengah disrupsi global.

Meski demikian, ia optimistis bangsa Indonesia mampu mencapai visi Indonesia sebagai poros maritim dunia melalui upaya kerja sama yang dilakukan antar stakeholders terkait.

“Tantangan kita sebagai bangsa tidaklah ringan. Diperlukan kolaborasi, kerja sama, sinergi, profesionalisme, serta kerja keras mengatasi berbagai tantangan pembangunan di tengah arus perubahan,” ucapnya.

“Saya mengharapkan Aspeksindo dapat mengonversikan berbagai tantangan menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan secara optimal dalam rangka mewujudkan visi besar kita, menjadi poros maritim dunia,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *