Performa Mobil Lebih Baik dengan Mematikan AC, Mitos Atau Fakta?

  • Whatsapp
Performa Mobil Lebih Baik dengan Mematikan AC, Mitos Atau Fakta?

PramborsNews.com, Jakarta – Ada pendapat yang terlanjur beredar di kalangan masyarakat umum yang menyebutkan bahwa apabila menginginkan performa mobil lebih kencang, maka matikanlah AC. Tujuannya tak lain agar mobil lebih bertenaga saat berakselerasi. Tapi apakah gaya mengemudi seperti ini hanya sekadar mitos atau memang fakta?

Ternyata, jika bicara secara umum, tidak ada pengaruh dan hubungan antara mematikan AC dengan performa mobil. Kendaraan modern yang umumnya menggunakan sistem komputer sudah memiliki program atau alogritma tersendiri menyesuaikan dengan kondisi berkendara aktual berdasarkan data-data dari sensor yang ada di kendaraan.

Jadi untuk performa mobil meningkat dengan mematikan AC tidak sepenuhnya benar, memang komponen AC akan membuat kerja mesin sedikit lebih berat, tapi dengan adanya komputerisasi yang mengatur kondisi berkendara berdasarkan sensor maka mobil tetap dapat melesat sesuai kemampuan dan kondisi jalan.

Hal yang paling dibutuhkan sebenarnya adalah kemampuan si pengemudi dalam menguasai medan dan mengendarai mobilnya. Pengemudi juga harus memahami teknik berkendara agar performa mobil tetap maksimal, terutama saat di daerah perbukitan yang memang banyak jalur menanjak dan membutuhkan tenaga maksimal dari kendaraan.

Misalnya dengan Mitsubishi Xpander bertransmisi otomatis, pengemudi harus tahu kapan saat yang tepat untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi ‘2’ atau ‘L’. Posisi ‘2’ dan ‘L’ ini untuk memberikan tenaga ekstra ketika mengendarai di bukit yang curam, juga untuk pengereman mesin ketika berada di jalan menurun yang agak curam.

Berbeda dengan mobil bertransmisi manual, pengoperasiannya sedikit lebih sulit karena harus menyeimbangkan antara pedal kopling dan gas ketika pengemudi memindahkan gigi ke posisi yang lebih rendah. Selain itu, si pengemudi juga harus mengetahui momentum yang tepat agar mobil tidak kehilangan traksi saat berada di tanjakan curam.

Sejumlah mobil Mitsubishi yang dipasarkan sekarang ini sudah memiliki fitur yang dapat membantu pengemudi agar lebih mudah menaklukkan tanjakan, seperti fitur Hill Start Assist (HSA) yang akan mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik saat akan melaju di jalanan menanjak sehingga mobil tidak bergerak mundur.

Fitur ini akan aktif seketika jika mobil berada di posisi tanjakan dan mobil berhenti, lalu saat mobil kembali melaju, HSA akan menahan mobil selama 3 detik agar tidak mundur ketika pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas.

Jangan lupa pula untuk selalu melakukan pengecekan berstandar dan prosedur resmi di bengkel resmi untuk memastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima.

 



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *