Nunukan: Politeknik Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) yang baru berstatus negeri pada 2020, bercita-cita go international. Mereka percaya diri bisa mewujudkannya dengan program-program vokasi yang berorientasi pendidikan luar biasa.
 
“Rencana go international ini didukung dengan strata pendidikan bagi tenaga pendidik (dosen) yang berkualitas dengan tingkat pendidikan yang sesuai syarat yang telah ditentukan pemerintah,” ujar Direktur Poltek Negeri Nunukan Arkas Vidi, Selasa, 26 Januari 2021.
 
Guna mewujudkan misi itu, Politeknik Nunukan akan melakukan strategi evaluasi diri, penguatan, dan pembangunan kerja sama tingkat Asia. Strategi ini bakal dibarengi dengan peningkatan bahasa asing bagi tenaga dosen, kerja sama dengan negara-negara lainnya di Eropa.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Poltek Negeri Nunukan tentunya tetap mengacu pada program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan indeks kerja utama (IKU),” ungkap Arkas.
 
Baca: Universitas Jember Siap Terima 7.422 Calon Mahasiswa Baru
 
Ia memahami butuh upaya luar biasa untuk mewujudkan misi tersebut. Mulai dari mahasiswa hingga tenaga dosen, harus benar-benar bisa bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.
 
Arkas menambahkan, Poltek merupakan perguruan tinggi negeri satu-satunya di Kabupaten Nunukan. Saat ini, sedang menjalin kerja sama dengan salah satu mentor bahasa asing dari Australia guna memberikan pelatihan atau kursus kepada tenaga dosen yang ada di kampus tersebut.
 
Poltek Negeri Nunukan memiliki 457 orang dengan ruangan belajar hanya tujuh kelas dan tenaga dosen tetap sebanyak 20 orang ditambah dosen tidak tetap.
 
“Strategi yang akan dijalankan untuk mewujudkan visi go international dengan bekerja sama dengan sekolah sejenis di Asia dan Eropa, khususnya Malaysia, Australia dan Amerika Serikat,” ujar Arkas.
 
(AGA)





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here