Putin Undang Taliban ke Moskow Untuk Bahas Status Afghanistan

  • Whatsapp
Presiden Rusia Vladimir Putin. AP PHOTO



PramborsNews.com – Utusan khusus Presiden Vladimir Putin, Zamir Kabulov, mengatakan Rusia akan mengundang perwakilan Taliban dalam dialog internasional terkait Afghanistan di Moskow. Kabulov menjelaskan, pertemuan itu akan digelar sekitar tanggal 20 Oktober mendatang.

Namun Kabulov tidak memberikan rincian terkait tujuan dan detail lainnya terkait akan diadakannya pertemuan tersebut.

Tapi, ini bukan pertama kalinya Rusia menggelar forum internasional tentang Afghanistan. Pada Maret lalu, Moskow juga menjadi tuan rumah konferensi internasional tentang Afghanistan.

Dalam konferensi itu, Rusia, Amerika Serikat, China, dan Pakistan merilis pernyataan bersama yang menyerukan Afghanistan yang saat itu masih dirundung konflik sipil untuk mencapai kesepakatan rekonsiliasi nasional dan menghentikan kekerasan.

Keempat negara itu juga meminta Taliban tak meluncurkan serangan apa pun di musim semi dan musim panas tahun ini.

Sejak itu, AS dan sekutunya mulai menarik pasukan dari Afghanistan sebagai bagian dari kesepakatan pada 2020 lalu.

Penarikan pasukan itu pun menjadi awal manuver Taliban mengambil alih kekuasaan dari tangan pemerintah Afghanistan dengan cepat pada 15 Agustus lalu.

Sejak Taliban kembali berkuasa, Rusia berulang kali menegaskan kekhawatirannya terkait kemungkinan kelompok militan di Afghanistan menyusup ke negara tetangga, terutama bekas pecahan Uni Soviet yang kini sekutu Moskow.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Rusia juga telah mengadakan latihan militer dengan Tajikistan dan Uzbekistan tak lama setelah Taliban mengklaim kembali berkuasa lagi.

Pada kamis (07/10/2021) Putin juga bertelepon dengan Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon. Kedua presiden membahas situasi keamanan seputar perkembangan terakhir di Afghanistan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *