Kawan GNFI, data penjualan mobil sepanjang 2020 telah dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dan hasilnya cukup mengejutkan, kawan.

Selain ada penurunan penjualan mobil sebesar 50 persen ketimbang tahun 2019, hal yang menarik lainnya adalah Toyota Avanza yang 14 tahun terakhir menguasai penjualan mobil di Indonesia, nyatanya harus menyerah pada Honda Brio.

Penjualan mobil selama 2020 di Indonesia memang bisa dikatakan mendapat tamparan keras, tak hanya Toyota atau grup Astra lainnya, manufaktur Honda dan Wuling juga mengalami masa paceklik penjualan, baik kendaraan SUV maupun MPV. Padahal, 2 jenis kendaraan itu adalah yang paling laris di Indonesia.

Sudah barang tentu biang keroknya apalagi kalau bukan pandemi Covid-19. Semua sektor industri dan ekonomi masyarakat sejatinya terdampak oleh kebijakan yang dikhususkan untuk menghentikan sebaran virus. PSBB, WFH, dan SFH, adalah bagian di antaranya. Hal itu tentu saja berdampak pada ekosistem industri otomotif nasional.

Jangankan menyamai angka penjualan di 2019, tak terpuruk lebih dalam saja mungkin jadi salah satu harapan di 2020 lalu bagi para pelaku industri otomotif.

2020 bukan milik Avanza, atau Toyota mengalah?

Balik lagi ke Avanza.

Meski Avanza tak lagi jadi raja penjualan, namun secara umum manufaktur Toyota masih menjadi jenama mobil terlaris di Indonesia. Hal itu terlihat dari data yang dirilis Gaikindo.

Sepanjang Januari sampai Desember 2020, Toyota yang bernaung dalam grup Astra ini berhasil menjual sebanyak 162.203 unit mobil. Dengan melihat daftar 10 mobil terlaris saja kita dapat mengetahuinya karena mobil Toyota mendominasi penjualan 10 besar.

Kabar terakhir, menurunnya penjualan Avanza di penghujung 2020 konon bukan tanpa sengaja. Dari gosip yang tengah beredar, hal ini menjadi salah satu tanda bahwa LMPV tersebut tengah dikurangi produksinya sebagai persiapan kemunculan generasi terbaru.

Berikut daftar 10 Mobil Penumpang Terlaris di Indonesia sepanjang 2020 yang dirilis oleh Gaikindo:

penjualan mobil 2020



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here