Memasuki tahun 2021, hal apa sih yang Kawan persiapkan untuk menghadapi tahun ini? Terutama untuk Kawan yang akan memasuki dunia kerja. Tahun baru, tentunya semangat baru, ya.

Untuk itu, ada hal penting yang perlu Kawan persiapkan guna meng-upgrade diri. Tak hanya itu, Kawan juga perlu tahu berbagai skill yang dibutuhkan saat ini. Maka dari itu, yuk simak! Skill apa saja sih yang dibutuhkan pada tahun 2021?

1. Copywriter dan Content Writing

Copywriting dan Content Writing

info gambar

Segala skill yang berkaitan dengan profesi kreatif adalah skill yang paling dibutuhkan saat ini. Salah satunya adalah copywriting dan content writing. Skill ini kerap disamakan satu sama lainnya. Namun, ternyata terdapat beberapa perbedaan di antara kedua skill tersebut. Perbedaannya dapat dilihat dari aspek gaya tulisan, media yang digunakan dan tujuannya.

Content writer memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan pengunjung blog, website atau sosial media lewat tulisan atau artikel yang relevan sesuai dengan isu atau tema yang diminta. Tulisan atau artikel tersebut dibuat secara informatif, edukatif dan engaging.

Sedangkan copywriter, memiliki tugas untuk membuat tulisan yang bersifat komersial, copywriting bertujuan untuk mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu atau call for action. Singkatnya, copywriter bekerja untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa kepada konsumen kepada pembaca.

2. Desain Grafis

Desain Grafis

info gambar

Skill lain yang berhubungan dengan profesi kreatif lainnya adalah desain grafis. Di era yang semua serba digital, kebutuhan visual yang menarik merupakan bagian dari aspek utama sebuah perusahaan.

Untuk itu, desain grafis menjadi skill yang paling dibutuhkan saat ini. Kawan dapat mulai mempelajari prinsip desain, aplikasi adobe crative, dan typography untuk mengasah skill desain grafis ini.

3. Software Engineer

Software Engineer

info gambar

Memasuki dunia revolusi industri 4.0 yang serba digital, profesi dan skill yang berkaitan dengan bidang Information Tecnology(IT) menjadi salah satunya skill yang paling banyak dicari dan dibutuhkan banyak perusahaan dunia termasuk software engineer.

Skill ini menitikberatkan pada upaya mengembangkan, mendesain, menulis, memodifikasi, sekaligus mengidentifikasi masalah pada software.

4. Artificial Intelligence (AI)

AI

info gambar

Beberapa saat yang lalu, masyarakat mulai tertarik dengan AI karena booming drama Korea yang menyingkap dunia start-up yang bergerak di ranah AI. AI merupakan program yang dapat melakukan tugas-tugas seperti pengenalan gambar, ucapan, dan wajah.

AI dapat bekerja dan melakukan tugas-tugasnya lebih akurat daripada manusia. Perkembangan AI menjadi hal yang mutlak senantiasa dikembangkan. Untuk itu, skill penembangan AI menjadi skill yang sangat dicari.

5. Digital Marketing

Digital Marketing

info gambar

Dengan berkembangnya teknologi, ranah digital menajdi ranah yang diperhitungkan saat ini. Untuk itu, skill digital marketing menjadi sangat dibutuhkan. Skill digital marketing tak hanya berkaitan mengenai penjualan namun juga untuk branding dan membina hubungan dengan konsumen. Kawan bisa mempelajari mengenai analisis data, Search Engine Optimization dan Google analytics untuk mengasah skill dgital marketing, Kawan.

Selain 5 skill di atas, berikut ini softskill yang juga sangat di butuhkan pada tahun 2021 menurut World Economic Forum.

  1. Kemampuan memecahkan masalah yang kompleks dan sulit
  2. Berpikir kritis dan analitis
  3. Kreativitas, originalitas dan inisiatif
  4. Kemampuan untuk memanajemen orang
  5. Kemampuan berkoordinasi dengan orang lain
  6. Kecerdasan emosional
  7. Kemampuan menghakimi dan mengambil keputusan
  8. Orientasi terhadap pelayanan
  9. Kemampuan negosiasi
  10. Kemampuan fleksibilitas kognitif.

Yuk, Kawan! Teruslah belajar dan berkembang. Jangan pernah merasa puas diri dengan pencapaian Kawan saat ini. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya. (YUR)

Referensi:Exabytes



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here